Hobi bisa bermacam-macam. Saat ini, kita bisa menekuni berbagai jenis hobi dan jika beruntung, kita bisa menghasilkan uang dari hobi. Bukan sebuah hal yang mustahil, sudah banyak orang yang membuktikan kegigihan dan ketekunan mereka pada hobi hingga menjadikannya sumber penghidupan.

Apa sih hobi yang sedang ngetren sekarang ini? Pastinya sesuatu yang dekat dengan teknologi. Ya. Salah satu aktivitas yang sedang menjadi tren di kalangan kawula muda saat ini adalah fotografi. Didukung dengan perangkat smartphone yang dibekali kamera berkemampuan super, tanpa perlu belajar terlalu dalam pun kita sudah bisa menghasilkan tangkapan gambar yang mumpuni. Tak jarang, kualitasnya bahkan sejajar dengan hasil foto pada kamera Digital SLR.

Tapi, buat kamu yang ingin mempelajari seni fotografi bahkan dari ilmu dasarnya, kamu akan membutuhkan media praktik yang juga mendukungmu dalam belajar. Maka, KeyPoo Ranger akan menyajikan ulasan mengenai 5 kamera DSLR yang sangat cocok bagi fotografer pemula sepertimu berikut ini.

#1 Canon EOS 1200D

Baru Belajar Fotografi? Yuk Mulai Berteman dengan Kamera DSLR Ini!
Canon EOS 1200D – Sumber: canon.co.uk

Kamera satu ini merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi kamu para fotografer pemula. Canon sendiri terkenal sebagai vendor kamera DSLR yang relatif mudah digunakan sekalipun oleh para pengguna baru. Memang, seri ini sengaja ditujukan bagi para pembelajar awal. Harganya yang relatif murah (sekitar Rp4 jutaan), kamu sudah akan mendapatkan kamera yang dilengkapi dengan fitur aplikasi EOS Companion. Aplikasi ini akan memberikan informasi yang perlu kamu ketahui tentang fitur kamera.

Canon EOS 1200D diproduksi sebagai produk pembaharuan dari seri sebelumnya yaitu Canon EOS 1100D. Cukup banyak peningkatan kualitas yang ada pada kamera ini, di antaranya penggunaan prosesor DIGIC 4 dengan sensor APS-C CMOS 18 MP, rentang ISO yang mampu ekspan hingga 12800, 9 titik autofokus jenis cross-type, serta masih banyak lagi peningkatan lainnya. Kelebihan yang akan kamu dapatkan dari kamera ini adalah adanya tutorial yang muncul pada layar dan lengkap dengan app untuk iOS maupun Android.

#2 Nikon D3100

Baru Belajar Fotografi? Yuk Mulai Berteman dengan Kamera DSLR Ini!
Nikon D3100 – Sumber: nexthardware.com

Alternatif kamera DSLR lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai media praktik belajar fotografi adalah Nikon D3100. Kamera ini juga merupakan hasil upgrade dari seri sebelumnya yaitu Nikon D3000. Meski juga ditujukan sebagai kamera belajar, namun kemampuan dan hasil foto kamera ini berkualitas tinggi. Kamu akan bisa menikmati hasil fotomu seolah merupakan mahakarya fotografer profesional.

Perbaikan yang diterapkan pada kamera ini antara lain terletak pada resolusi sensor gambar yang lebih tinggi menjadi 14.2 megapiksel CMOS. Terdapat juga fitur untuk mengedit foto secara efisien dan tentunya memudahkan para pembelajar awal. Di dalam sistem kamera ini terdapat image processing system dengan nama Expeed2 yang merupakan mesin pengolah gambar inovasi terbaru dari vendor asal Jepang ini. Masih banyak lagi fitur yang dibenamkan oleh Nikon pada produk kamera satu ini. Bobotnya yang relatif ringan dan mudah dibawa tentu menjadi pertimbangan yang banyak dipikirkan oleh fotografer pemula. Selain itu, harganya relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp5 jutaan.

#3 Sony SLT A58

Baru Belajar Fotografi? Yuk Mulai Berteman dengan Kamera DSLR Ini!
Sony SLT A58 – Sumber: fotopolis.pl

Kamera bagi fotografer pemula selanjutnya adalah Sony SLT A58. Sesungguhnya, kamera ini bisa digunakan untuk semua kalangan dan tingkatan fotografer, baik itu profesional, semi-profesional, maupun kamu yang akan beranjak meninggalkan tingkatan pemula. Selain itu, harganya juga relatif terjangkau yaitu sekitar Rp5 jutaan.

Sony SLT A58 memiliki bobot yang cukup ringan yaitu sekitar 492 gram saja. Kamera ini sudah disematkan sensor EXMOR APS HD CMOS dan resolusi mencapai 20.1 megapixels. Tentu hal ini akan menghasilkan gambar yang jernih serta tajam. Kamu bahkan bisa mengekspansi ISO hingga 16000 sehingga Sony SLT A58 ini sangat memungkinkan mengambil gambar meski berada di kondisi yang sangat minim cahaya. Karena bagi pemula biasanya sangat rentan terhadap gambar yang blur, maka kamera ini menjadi jawaban yang tepat sebab sudah dilengkapi juga dengan Steadyshot Image Stabilization. Tuh, masih merasa tidak ada kamera yang bisa memfasilitasimu belajar?

#4 Nikon D3200

Baru Belajar Fotografi? Yuk Mulai Berteman dengan Kamera DSLR Ini!
Nikon D3200 – Sumber: ebay.in

Kalau tadi sudah dibahas tentang Nikon D3100, seri selanjutnya ini juga patut kamu jadikan kamera belajar. Kamera entry-level ini terbilang sudah cukup modern dan bisa digunakan oleh para fotografer pemula dengan harganya yang juga masih berada di kisaran Rp5 juta.

Keunggulan yang akan kamu dapat dari kamera ini adalah mudah dalam hal pengaturan. Kamu bisa memilih sendiri beberapa tema seperti Portrait, Night Portrait, Close Up, Landscape, dan sebagainya untuk menghasilkan foto yang sempurna. Nikon D3200 dikenal memiliki kualitas gambar yang baik dengan ISO tinggi. Baterainya juga relatif tahan lama. Selain itu, kamera ini cenderung lebih cepat ketika dihidupkan.

#5 Canon 600D

Baru Belajar Fotografi? Yuk Mulai Berteman dengan Kamera DSLR Ini!
Canon 600D – Sumber: dpreview.com

Alternatif kamera pemula selanjutnya adalah Canon 600D, yang juga dikenal sebagai pesaing dari Nikon D3200. Ada cukup banyak alasan yang bisa menguatkanmu kalau ingin memiliki sendiri kamera satu ini, di antaranya kamu akan lebih mudah menemukan tombol akses langsung. Layar LCD mampu dilipat dan menghasilkan gambar yang lebih tajam. Terdapat Wireless Flash dan Live View Histogram serta Auto Exposure Bracketing. Kamera ini bahkan diklaim compatible dengan semua lensa Canon EOS. Soal harga, Canon 600D juga masih berada di kisaran Rp5 jutaan. Tentunya bukan sebuah harga yang terlalu mahal untuk kamera pemula dengan kualitas professional dong ya?!

Itu dia ulasan 5 kamera DSLR yang sangat cocok bagi kamu yang baru saja mulai belajar fotografi. Meskipun dalam tahap belajar, praktik itu sangat perlu guna mengasah kemampuan yang kamu dapatkan dari hasil belajar teori. Ketika kamu sudah mahir secara teknik, kamu bisa menggunakan kamera yang memiliki spesifikasi lebih tinggi – dan tentunya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Tidak perlu takut rugi, ketika kamu menekuninya, hobi ini bisa mendatangkan pendapatan bagimu. Yang penting, jangan sia-siakan fasilitas yang sudah kamu punya, ya. Selamat memotret!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here