Tidak banyak dari kita yang mengetahui adanya berbagai aplikasi movie maker untuk Android. Aplikasi movie maker biasanya lebih lekat dengan perangkat komputer atau PC. Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan untuk membuat sebuah rekaman video atau film. Perangkat android mungkin bukan perangkat yang tepat karena sering dianggap tidak memiliki spesifikasi yang cukup untuk menampung data-data video yang hendak diedit. Akan tetapi kalau untuk membuat film pendek, smartphone ini masih bisa diandalkan kok.

Film pendek yang seperti apa? Memang ada banyak jenis film pendek. Akan tetapi aplikasi movie maker untuk Android ini lebih sering digunakan untuk membuat sebuah video berdurasi singkat yang menceritakan secara sekilas sesuatu yang menjadi obyek video. Aplikasi ini menjadi jawaban bagi sebagian orang yang menginginkan aplikasi edit video yang cukup ringan tapi mumpuni sehingga bisa dioperasikan lewat ponsel.

Nah, kalau kamu penasaran apa saja 5 aplikasi movie maker untuk Android yang direkomendasikan, pantengin lebih lanjut lewat penjabaran lima poin aplikasi terekomendasi ini.

1. Adobe Premiere Clip

Aplikasi Movie Maker untuk Android
Adobe Premiere Clip – Sumber: youtube.com

Rekomendasi pertama adalah Adobe Premiere Clip. Awalnya, program ini didesain untuk digunakan dalam perangkat Apple. Namun, kini pengguna perangkat Android sudah bisa memanfaatkan Adobe Premiere Clip untuk membuat film atau mengedit video melalui perangkat smartphone. Adobe Premiere Clip benar-benar sebuah program yang gratis, bukan sebuah program freemium di mana membutuhkan pembelian pada items tertentu dalam menggunakannya.

Rekomendasi aplikasi movie maker untuk Android satu ini menyediakan dua opsi dalam melakukan editing dengan Adobe Premiere Clip, yaitu Automatic dan Freeform. Opsi Automatic tentu saja menyediakan fitur proses yang otomatis, mulai dari cutting, penambahan musik, dan berbagai efek. Sedangkan opsi Freeform biasanya lebih nyaman digunakan untuk kebutuhan kombinasi beberapa sumber file video.

Baca Juga: Google Home: Si Jarvis ‘Iron Man’ di Kehidupan Nyata

Meski dibekali banyak fitur, aplikasi gratisan seperti ini tentunya memiliki keterbatasan ragam fitur yang diberikan. Kalau kamu merasa kurang dengan fitur-fitur ini, kamu bisa mengunduh versi berbayarnya yang juga dikenal dengan Premiere Pro CC.

2. KineMaster – Pro Video Editor

Aplikasi Movie Maker untuk Android
KineMaster – Sumber: google.play.com

Selanjutnya ada aplikasi bernama Kine-Master – Pro Video Editor yang menempati posisi 2 dalam rekomendasi aplikasi movie maker untuk Android. Aplikasi satu ini juga disebut sebagai salah satu aplikasi yang sangat powerful untuk digunakan mengedit video menjadi film utuh.

Ahmad Imran, seorang penulis blog sekaligus founder platform REASONTOUSE ini menuturkan ada beberapa hal yang menjadikan KineMaster Pro sebagai aplikasi movie maker untuk Android yang patut dicoba. Pertama, KineMaster Pro adalah program yang jujur. Maksudnya, ketika perangkatmu ternyata tidak kompatibel dengan program ini, maka ia tidak bisa dijalankan. Jauh lebih baik daripada freeze di tengah proses kan?

Kedua, penggunaan dengan smartphone pun ditunjang dengan bekerjanya aplikasi ini pada mode landscape. Selanjutnya, banyak opsi yang disediakan dan semuanya customisable. Opsi-opsi tersebut mulai dari effects, overlays, transitions, dan juga audio tweaks. Alasan keempat adalah kemudahan import file bahkan dari akun Google Drive sekalipun. Aplikasi ini juga menunjang kamu yang hendak mengedit video berdurasi panjang dan resolusi mencapai 1080p! Keren kan?!

3. VivaVideo

Aplikasi Movie Maker untuk Android
VivaVideo – Sumber: androidworld.it

Aplikasi movie maker untuk Android selanjutnya yang sudah cukup dikenal adalah VivaVideo. Kalau kamu tergolong anak scroll Instagram, kamu pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini ya. Aplikasi VivaVideo sudah banyak digunakan untuk mengedit video berdurasi pendek. Aplikasi ini bisa diunduh gratis namun dengan konsekuensi adanya iklan yang kerap muncul.

Baca Juga: 5 Laptop Terbaik untuk Kamu yang Mengaku Traveler

Kenapa VivaVideo masuk dalam daftar rekomendasi aplikasi movie maker untuk Android? Seperti pamornya yang sudah dikenal netizen sosial media (terutama IG), VivaVideo termasuk aplikasi yang relatif mudah digunakan. Otomatis adalah jiwa aplikasi ini dan VivaVideo sangat membantu penggunanya yang membutuhkan aplikasi edit video yang ringkas. Ada sekitar 60 efek video yang bisa digunakan dalam melakukan pengeditan. Pilihan beragam ini sangat membantu penggunanya menyesuaikan dengan kebutuhan edit video mereka.

4. VidTrim

Aplikasi Movie Maker untuk Android
Screenshot VidTrim – Sumber: google.play.com

Rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah aplikasi movie maker untuk Android dengan nama VidTrim. Aplikasi VidTrim sendiri merupakan aplikasi gratis. Namun tentu saja, sifat gratis itu ekuivalen dengan terbatasnya jumlah fitur yang melengkapi. Kalau kamu merasa kinerja VidTrim memuaskan tapi kurang di bagian fitur dan fasilitas, kamu bisa menggunakan versi berbayarnya yang bernama VidTrim Pro.

VidTrim biasanya digunakan untuk mereka yang hobi mengunggah hasil karya mereka ke media sosial seperti Facebook dan Instagram. Video yang diedit dengan VidTrim ini memang akan menghasilkan video editan dengan resolusi rendah, namun hal itu akan membantu para penggunanya mengunggah karya mereka ke media sosial dengan relatif cepat dibandingkan video editan berkualitas tinggi. VidTrim memang dikenal sebagai aplikasi movie maker untuk Android yang punya kemampuan mengolah video berkualitas tinggi agar bisa disesuaikan ukurannya tanpa mengurangi kualitas gambar.

5. Magisto

Aplikasi Movie Maker untuk Android
Magisto – Sumber: techliveinto.com

Aplikasi movie maker untuk Android selanjutnya yang bisa digunakan bahkan oleh anak-anak sekalipun adalah Magisto. Aplikasi ini terbilang relatif mudah dibandingkan aplikasi lainnya. Terlihat dari spesifikasi Magisto pada PlayStore, aplikasi ini bisa digunakan untuk anak usia 13 tahun ke atas (meskipun pada fakta dan testimoninya, anak usia 8 tahun pun sudah menggunakan aplikasi ini).

Baca Juga: QiCycle R1, Sepeda Pintar nan Menawan dari Xiaomi

Dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, proses editing video menggunakan Magisto relatif cepat. Ada banyak fitur dan clips yang disesuaikan dengan seasons tertentu, sesuai dengan tujuannya sebagai aplikasi movie maker untuk anak-anak. Panduan yang mudah menjadi salah satu alasan mengapa Magisto layak untuk kamu unduh. Ini adalah aplikasi gratis dan tentu saja fiturnya terbatas. Sebenarnya Magisto memiliki fitur-fitur yang tak kalah menariknya hanya saja beberapa fitur tertentu bisa didapatkan dengan membelinya.

Kenapa Magisto masuk dalam daftar aplikasi movie maker untuk Android yang disarankan? Yah, untuk jaga-jaga kalau kamu punya keponakan yang tertarik dengan dunia editing video. Lumayan kan?

Itu dia beberapa rekomendasi dari Ranger terkait apa saja aplikasi video editing atau movie maker khusus untuk ponsel Android. Mau yang mana? Sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kalau kamu merasa informasi ini belum memuaskan, kamu mungkin bisa menambahkan kurang lebihnya pada kolom komentar. Punya rekomendasi aplikasi movie maker untuk Android lainnya yang seharusnya dicoba? Boleh juga di-share dengan kami. Ditunggu di kolom komentar, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here