Fast and Furious berhasil menjadi film favorit dunia dan berulang kali masuk box office. Film yang turut serta dalam membesarkan nama Vin Diesel dan mendiang Paul Walker ini selalu berhasil membuat penggemarnya gemas menantikan sekuel selanjutnya. Tidak hanya fokus pada inti masalah utama untuk menumpas kejahatan kerah putih, sekuel film ini juga tak luput memasukkan lekatnya kisah cinta dan hubungan keluarga dalam kelompok pemain utama.

Di sisi lain, film Fast and Furious selalu identik dengan aksi balap mobilnya yang epic! Berbagai trik balap digunakan mulai dari penggantian atau penambahan komponen mesin atau bahkan menghilangkan sebagian bodi. Aksi ini juga banyak didukung dengan penggunaan berbagai jenis mobil balap yang keren-nya tak perlu ditanya lagi. Tim produksi bahkan tak segan ‘menghancurkan’ mobil-mobil balap ini pada scene tertentu yang terkadang membuat penonton merasa ikut menyesal – demi mendapatkan gambar terbaik. Jadi, tidak heran jika ‘nilai jual utama’ film ini terletak pada mobil balapnya yang digunakan.

Memang, mobil balap-nya ada apa aja?

#1 1970 Dodge Charger

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
1970 Dodge Charger – Sumber: classiccars.com

Ini adalah ‘bintangnya mobil balap’ di sekuel Fast and Furious. Mobil ini dipakai sebagai kendaraan utama Dominic Toretto (Vin Diesel). Mobil gahar satu ini memang tidak termasuk dalam jajaran mobil balap tercepat yang ada dalam deretan film. Meski begitu, mobil yang relatif sedikit dekorasi mobil balap ini menjadi iconic car yang menggambarkan karakter Toretto dalam film. Kalau cukup memperhatikan detil film, Dodge Charger ini sempat muncul pada film ke 4 dan 5.

#2 Mitsubishi Eclipse

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
Mitsubishi Eclipse – Sumber: pinterest.com

Nah, kalau mobil nyentrik satu ini sempat dipakai oleh Brian O’Conner (diperankan mendiang Paul Walker) ketika melakukan balapan liar. Berbeda jauh dengan Dodge Charger milik Toretto yang terlihat kalem namun elegan dengan warna gelapnya, Mitsubishi Eclipse yang digunakan ini didesain memiliki warna hijau terang dan masing banyak trembelan pada bodi mobil, khas mobil balap dengan dekorasi stiker sponsor.

Baca Juga: Bemo, Kendaraan Tradisonal yang Hampir Punah di Tengah Kemegahan Jakarta

#3 RB-Swapped 1967 Ford Mustang

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
Ford Mustang – Sumber: autoforcar2013.blogspot.co.id

Mobil balap kece selanjutnya adalah Ford Mustang yang muncul pada sekuel Fast and Furious: Tokyo Drift. Mobil yang dipakai oleh Sean Boswell (Lucas Black) ini sebelumnya diceritakan sebagai milik ayahnya. Boswell menggunakan mobil ini untuk adu balap dengan Takashi (raja balapan) di area pegunungan. FYI, Mustang adalah tipe mobil dalam film yang selalu ‘diselamatkan’ selama proses pengambilan gambar berlangsung. Kenapa? Karena dia mempesona.

#4 1971 Chevrolet Monte Carlo

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
1971 Chevrolet Monte Carlo – Sumber: streetmusclemag.com

Masih dalam sekuel yang sama, mobil balap selanjutnya adalah 1970 Chevrolet Monte Carlo. Mobil ini juga digunakan oleh Boswell. Jika Ford Mustang sebelumnya yang dikendarai Boswell berhasil mengantarkannya memenangkan balap liar, Monte Carlo ini justru berakhir tragis karena kehilangan kontrol kemudian terbalik.

Agak kurang tepat sebenarnya memasukkan Monte Carlo ini dalam daftar American muscle cars yang digunakan selama pengambilan gambar film Fast and Furious berlangsung. Meski bentuknya serupa, sebenarnya Monte Carlo ini bukan termasuk dalam jajaran muscle cars, tetapi lebih kepada luxury car.

Ah, tapi tetap epic kok.

#5 Chevrolet Camaro

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
Chevrolet Camaro – Sumber: samnewcarsindia.wordpress.com

Kalau kamu juga mengikuti sekuel film Transformers, kamu pasti tidak asing dengan mobil satu ini. Chevrolet Camaro yang digunakan dalam film Transformers sekaligus ‘berperan’ sebagai BumbleBee ini ternyata juga muncul dalam film Fast and Furious. Hanya saja mobil yang digunakan berbeda warna.

Baca Juga: 10 Ilmuwan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Ada dua jenis Camaro yang digunakan selama sekuel Fast and Furious, yaitu 1969 Chevrolet Yenko Camaro dan F-Bomb Chevrolet Camaro. Yenko Camaro sendiri muncul dalam sekuel 2 Fast 2 Furious dan digunakan oleh Tyrese. Sedangkan F-Bomb 1973 Camaro ini muncul dalam Fast and Furious dan digunakan oleh Dominic Toretto.

#6 Corvette Grand Sport

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
Convertte Grand Sport – Sumber: nydailynews.com

Posisi 6 dihuni oleh Corvette Grand Sport. Mobil ini muncul pada sekuel ke-5 yaitu Fast Five. Dalam adegan tersebut, mobil ini digunakan Dominic Toretto untuk menyelamatkan Brian O’Conner dari kereta yang melaju kencang di area berpasir dan berpacu dengan waktu untuk menghindari kecelakaan akibat tiang jembatan di depannya. Adegan tersebut juga ‘memaksa’ mobil ini untuk hancur karena ternyata mereka melaju kencang ke arah tebing yang di bawahnya merupakan sungai.

#7 2010 Koenigsegg CCX-R

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
Koenigsegg CCX-R – Sumber: allswalls.com

Jika mobil-mobil sebelumnya sarat dengan adegan balap liar bahkan sampai harus dihancurkan (untuk kesempurnaan gambar film), mobil yang satu ini hanya hadir sebagai pemanis. Koenigsegg CCX-R ini muncul sebagai mobil yang berhasil dibeli oleh Roman Pierce setelah selesai merampok harta kotor milik Reyes bersama tim Dominic Toretto. Sst, mobil ini bahkan muncul tidak lebih dari lima menit dalam film tersebut.

#8 Nissan Skyline R34 GT-R

http://autoforcar2013.blogspot.co.id
Nissan Skyline – Sumber: autoforcar2013.blogspot.co.id

Di awal sekuel film, O’Conner sepertinya belum memahami ‘pentingnya’ memiliki kesan mewah pada sebuah mobil balap. Hal itu dibuktikan dari adanya Nissan Skyline R34 GT-R yang dikemudikannya. Kalau penasaran, kamu bisa lihat kembali aksi O’Conner menggunakan mobil ini pada sekuel 2 Fast 2 Furious. Mobil ini digunakannya untuk melakukan tugas penyamaran sebagai pengemudi balapan liar yang dibutuhkan oleh Tej Parker.

Baca Juga: Apa Jadinya Bila Ada Pesawat Tanpa jendela? Berani Mencobanya?

#9 Toyota Supra Mark IV

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
Toyota Supra Mark IV – Sumber: carthrottle.com

Ini adalah satu-satunya mobil dalam sekuel film Fast and Furious yang digunakan oleh beberapa orang, yaitu Dominic Toretto, Mia Toretto, dan Brian O’Conner. Mobil yang digambarkan berwarna orange ini diceritakan menghabiskan biaya sekitar $15.000 sampai $20.000 untuk perbaikan dan modifikasi. Pada kenyatannya, kru telah menghabiskan dana lebih dari $100.000 untuk mobil ngejreng ini. Toyota Supra Mark IV tak tampil pada sekuel selanjutnya yang lebih menampakkan sisi elegan sebuah mobil balap untuk lebih dari sekadar kepentingan balap liar.

#10 Ramp Car

American Muscle dan Mobil-mobil Keren di Film Fast and Furious
Ramp Car – Sumber: gallery.autodesk.com

Mobil keren selanjutnya yang cukup menarik perhatian dari sekian film Fast and Furious adalah Ramp Car. Mobil ini memang bukan sebuah American Muscle, melainkan lebih kepada mobil rakitan khusus yang didesain untuk menghindarkan pengemudinya dari kecelakaan akibat tabrakan. Sisi depan mobil dirancang dengan baja khusus yang membuat benda yang menabraknya tidak akan memecahkan kaca depan atau melukai pengemudi. Mobil ini muncul pada sekuel Fast and Furious 6. Ingat nggak kalau di sekuel ini juga ada aktor berbakat asal Indonesia yang turut berperan sebagai pihak lawan dari Dominic Toretto dan timnya? 

Sepuluh mobil ini hanya sebagian dari mobil balap yang digunakan selama proses pembuatan film Fast and Furious dari sekuel pertama hingga film terakhir ke 8. Masih banyak lagi mobil balap lainnya yang tak kalah kece, hanya saja kurang diekspos karena diceritakan bukan sebagai kendaraan pemeran utama. Kalau Rangers sih suka dengan Ford Mustang-nya. Kalau kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here