Kalau berbicara soal Arab Saudi, mungkin Mekkah dan Madinah adalah dua kota yang terlintas di kepala. Negara yang dikenal akan kekayaan minyak bumi ini memang erat kaitannya dengan umat muslim dan tak jarang negeri ini disebut sebagai Tanah Suci karena adanya Masjidil Haram dan Kabah. Akan tetapi, negara ini juga memiliki pesona lain yang tak kalah indahnya untuk kepentingan pariwisata. Bukan sekadar wisata rohani, kali ini coba tilik daerah lain yang masih berlokasi di negara ini namun menyuguhkan pemandangan yang berbeda – sehingga tak jarang jika 4 lokasi ini dianggap sebagai destinasi wisata yang berbeda di Arab Saudi. Yuk kita ulas satu per satu!

#1 Kawah Al Wahbah, Hafer Kishb

5 Destinasi "Berbeda" di Arab Saudi
Kawah Al Wahbah – Sumber: panoramio.com

Pesona pertama yang berbeda dan tidak boleh kamu lewatkan jika berada di Arab Saudi adalah Kawah Al Wahbah. Kawah satu ini terbilang unik dengan diameternya yang mencapai 2 km dan berada di tengah padang pasir luas bewarna putih terang. Warna putih tersebut ternyata berasal dari kristal natirum fosfat putih. Letak kawah ini sendiri ada di tepi barat dataran tinggi Hafer Kishb atau sekitar 4 jam lebih perjalanan dari Kota Jeddah.

Sekilas, kawasan ini terlihat sebagai sebuah kawasan bekas jatuhnya meteor dan nampak seperti kawah yang berada di Arizona, Amerika Serikat. Kedalaman kawah cantik ini mencapai 250 meter. Para ahli geologi mengatakan bahwa kawah ini terbentuk oleh adanya aktivitas vulkanik dari gunung berapi dalam bentuk cairan magma yang ada di bawah tanah pada masa lalu. Mereka meyakini bahwa kawasan ini dulunya merupakan jajaran gunung.

#2 Highway 10

Pernah nonton film animasi ‘Cars’? Tentu kamu tidak asing dengan istilah Route 66, sebuah jalanan yang begitu panjang dan di sana terdapat kota fiktif bernama Radiator Spring. Ternyata, jalan seperti Route 66 juga ada di Arab Saudi – dengan versi yang jauh lebih pendek, lho.

Jika Route 66 ini memiliki panjang hampir 4.000 km, Highway 10 memiliki panjang jalan (hanya) 260 km. Jalan lurus terpanjang di dunia ini membentang dari Haradh sampai ke Al Batha, sebuah kawasan yang terletak persis di timur Arab Saudi. Jalan ini juga menjadi perbatasan Arab Saudi dengan Uni Emirat Arab. Kalau kamu mau merasakan sensasi jalan lurus selama 2 jam 20 menit tanpa berbelok dan disuguhi pemandangan gurun berpasir, bebatuan, serta gesang pada sisi kanan dan kiri jalan, di sini tempatnya.

Terdengar membosankan, tetapi ini bisa menjadi alternatif yang cukup tepat buatmu yang baru belajar menyetir mobil.

#3 Qasr Al Farid

5 Destinasi "Berbeda" di Arab Saudi
Qasr Al Farid – Sumber: elriz.com

Destinasi wisata unik selanjutnya yang ada di Arab Saudi adalah Qasr Al Farid, atau dalam bahasa Arab berarti ‘kastil yang kesepian’. Ya. Kastil satu ini memang benar-benar kesepian karena letaknya yang sangat jauh dari pemukiman penduduk, tepatnya di tengah-tengah gurun yang ada di Mada’in Saleh, sebuah kota kuno yang memiliki jarak sekitar 400 km dari Madinah.

Siapa yang membuatnya? Usut punya usut, ternyata Suku Nabatean pernah singgah di kota kuno ini dan membangun kastil yang berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus media pemujaan kepada Tuhan. Qasr Al Farid yang dibangun khusus di bagian paling luar kota ternyata adalah kastil yang fungsinya sebagai kuburan bagi kepala suku. Hmm, di luar perkiraan ya kalau ternyata kastil yang satu ini bukan sebagai tempat tinggal mereka.

#4 Al Naslaa

5 Destinasi "Berbeda" di Arab Saudi
Al Naslaa – Sumber: unusualplaces.org

Mari beralih ke Padang Pasir Tayma. Di sini kita akan melihat fenomena alam yang cukup unik dan menarik perhatian wisatawan yang menginginkan pemandangan berbeda dari wisata populer yang ada di Arab Saudi. Namanya Al Naslaa, sebuah batu besar yang terbelah menjadi dua secara tegak lurus. Kalau diperhatikan secara lebih seksama, batu ini seolah dibelah oleh tebasan sebuah pedang.

Uniknya lagi, batu ini memiliki penyangga yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran batu tersebut. Formasi batu kecil yang menjadi penyangga bagi batu yang berukuran lebih besar berkali-kali lipat tersebut berhasil membuat para arkeolog menggeleng-gelengkan kepala antara kagum dan bingung. Beberapa teori yang beredar mengenai batu ini adalah bahwa Al Naslaa hanya batu hasil pengikisan bebatuan karena kandungan mineral di bagian yang terbelah lebih sedikit. Tapi, arkeolog tidak mudah memercayai karena bagaimana mungkin bagian tersebut bisa terbelah secara lurus dan rapi?

#5 Albatoul Marine

Siapa bilang Arab Saudi itu hanya mengandalkan gurun pasir sebagai pesona mereka? Kalau kamu tipe orang yang hobi olahraga dan sangat menyukai aktivitas air, kamu wajib coba permainan satu ini. Water Blob merupakan aktivitas air yang paling menghibur kalau kamu berada di Albatoul Marine. Biaya yang perlu kamu keluarkan adalah sekitar 24.800 SAR atau setara dengan Rp 91.000. Dengan biaya yang relatif murah tersebut, kamu sudah bisa menikmati permainan satu ini yang membiarkanmu merasakan terbang dengan kekuatan air.

Cara kerjanya mirip dengan roket hanya saja alat ini menggunakan tenaga air dengan tekanan yang tinggi. Bukan hanya memuaskan hasrat bermain, kamu juga akan disuguhi pemandangan di sekitar Albatoul Marine yang menentramkan hati. Tidak akan menyesal deh!

Itu dia 5 destinasi wisata unik dan berbeda yang ada di Arab Saudi. Bukan hanya soal pasir dan gurun saja, Arab Saudi menyimpan pesona alam dan wisata sejarah yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke negara satu ini. Tentu saja, akan lebih afdol ketika kamu juga mengabadikan momen liburan menyenangkan satu ini. Jadi, sudah siap melancong sampai ke Arab Saudi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here