Everyone can shine through their own path. Setiap orang memiliki kesukaan masing-masing, memiliki hobi berbeda-beda, dan jalan hidup yang mereka pilih pun tak sama. Meski begitu, bukan berarti orang yang memilih jalan hidup berbeda dipastikan tidak bisa sukses. Mungkin selama ini pikiran kita tercanang pada statement bahwa orang sukses itu adalah mereka yang mampu memimpin perusahaan besar, meningkatkan kinerja, dan memiliki harta yang melimpah. Faktanya, hal itu belum tentu dibarengi dengan kebahagiaan.

Sesungguhnya, kamu adalah orang sukses ketika kamu bahagia dan mungkin bukan lewat jalan yang banyak orang tahu. Sama seperti 5 animator Indonesia ini yang sukses memukau dunia lewat keterampilan dan kemampuan mereka di bidang animasi. Yuk kenalan dengan anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional ini.

#1 Andre Surya

5 Animator Indonesia yang Mendunia

Andre Surya – Sumber: twitter.com

Animator pertama yang akan kita ajak kenalan adalah Andre Surya. Ia sudah terlibat dalam dunia digital art sejak duduk di bangku sekolah menengah dan diawali dengan kecanduannya dalam bermain game. Hambatan belajar tentu tidak sedikit, akan tetapi orang tuanya memandang apa yang dilakukannya hanyalah bermain game dan beranggapan bahwa Andre malas belajar. Tantangan bertambah ketika orang tuanya tak mendukungnya belajar Digital Art.

Tapi, perjuangannya tak berhenti di situ saja. Ia terus mendalami ilmunya dan mengikui beberapa lomba hingga memenangkan lomba design art tingkat internasional. Perjuangnya tak berhenti di situ, Andre terus mendalami ilmu ini dan akhirnya berhasil diterima untuk bekerja di Lucasfilm, salah satu production company paling sukses di dunia. Selama bekerja di Lucasfilm, ia terlibat dalam beberapa proyek film box office seperti Iron Man, Star Trek, Transformers Revenger of the Fallen, Iron Man 2, The Last Airbender, dan juga Rango.

#2 Griselda Sastrawinata

5 Animator Indonesia yang Mendunia

Griselda Sastrawinata – Sumber: animationxpress.com

Pernah lihat film Shrek? Di balik kesuksesan film dari karakter ogre ini, ada wanita cantik yang berperan selama pembuatan karakternya. Griselda merupakan satu dari lima wanita yang bekerja di Dreamworks, California, sebagai animator. Beberapa film animasi terkenal yang juga terdapat campur tangannya adalah Madagascar, Kungfu Panda, serta Bee Movie. Visual Development Artist ini memulai karirnya dengan menekuni hobi menggambarnya. Demi mewujudkan mimpinya, ia memutuskan untuk pindah ke Amerika pada saat duduk di bangku kelas dua SMA. Selepas SMA, ia melanjutkan studi di Art Center College of Design jurusan ilustrasi.

Tidak hanya mengandalkan profesinya sebagai animator di Dreamworks, Griselda sendiri diketahui sebagai seorang pengajar ilmu komunikasi visual di kampus almamaternya sendiri. Bekerja di Dreamworks sendiri masih menjadi hal yang mengasyikkan baginya namun tak menutup kemungkinan bahwa ia juga akan berkarya di tanah air suatu hari nanti.

#3 Christiawan Lie

5 Animator Indonesia yang Mendunia

Christiawan Lie – Sumber: youtube.com

Kata siapa komik berkualitas hanya bisa diproduksi oleh Amerika, Jepang, dan Korea saja? Tahukah kamu kalau Indonesia juga memiliki pembuat komik yang tak kalah kerennya? Perkenalkan Christiawan Lie, seorang ilustrator komik GI Joe dan juga Transformers. Lulusan terbaik di jurusan arsitektur ITB tahun 1997 ini membuktikan pada dunia bahwa kemampuannya tak bisa diragukan apalagi sampai diremehkan. Chris Lie, sapaannya, dulunya pernah bekerja pada Nyoman Nuarta, seorang pematung terkenal di Bandung dan memperbolehkannya ikut menggarap proyek Monumen Garuda Wisnu Kencana. Tak ingin terkekang dalam dunia yang dirasanya bukan menjadi tempatnya, ia berani memutuskan untuk hengkang dari dunia arsitektur.

Perjalanan hidupnya tidak mulus sampai suatu hari saat ia bekerja di perusahaan periklanan sebagai seorang freelance, ia memenangkan kontes Jakarta International Art Festival di tahun 2001. Hadiah yang ia dapatkan berupa tiket penerbangan ke Singapura dan akhirnya melahirkan niat untuk bekerja di Negeri Singa tersebut. Keberuntungan yang lahir dari kerja kerasnya mulai menampakkan diri, dari memenangkan berbagai perlombaan gambar hingga beasiswa penuh untuk kuliah di Amerika Serikat. Di sanalah namanya mulai dikenal sebagai animator GI Joe, priyek dari Hasbro.

#4 Rini Sugianto

5 Animator Indonesia yang Mendunia

Rini Sugianto – Sumber: muviblast.com

Animator Indonesia selanjutnya yang berhasil memukau dunia adalah Rini Triyani Sugianto. Ia cukup dikenal sebagai animator ulung dan juga terlibat dalam proyek animasi “The Adventures of Tintin” karya Stephen Spielberg. Lulusan Academy of Art University, San Fransisco ini mengaku pengalaman yang ia dapatkan di dunia animasi cukup banyak namun juga tak melewati jalan yang mulus-mulus saja. Ia bahkan mengaku sempat kesulitan mencari kerja. Tapi hal itu tak menyurutkan niat berjuangnya.

Semua perjuangan itu terbayar lunas. Kalau kamu mau melihat hasil karyanya, silakan lihat film-film animasi terkenal seperti The Avengers, The Hunger Games: Catching Fire, The Hobbit: An Unexpected Journey, dan juga Avengers: Age of Ultron. Iya, kamu tidak salah baca kok, film-film itu juga mendapat campur tangan dari animator cantik satu ini.

#5 Ronny Gani

5 Animator Indonesia yang Mendunia

Ronny Gani – Sumber: neotelemetri.com

Ronny Gani, alumni Teknik Arsitektur Universitas Indonesia ini adalah animator selanjutnya yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional berkat kemampuannya dalam menyulap film agar animasinya terlihat lebih nyata. Tentu saja, untuk sampai di posisi cemerlang saat ini banyak lika-liku jalan yang harus dilaluinya dan bukan sebuah hal yang mudah untuk dilalui jika bukan oleh orang yang memiliki tekad kuat.

Sama seperti Rini, Ronny Gani adalah salah satu animator Indonesia yang juga turun tangan dalam proses pembuatan animasi untuk film Avengers: Age of Ultron. Pria satu ini juga dikenal akan kemampuannya dalam menggarap film animasi Ant-Man. Film lain yang juga tak lepas dari sihir animasinya adalah Pacific Rim.

Keren ya! Sekarang terbukti kan bahwa kesuksesan bukan hanya lewat jalan yang banyak orang pilih? Bukan seberapa baik jalan yang kamu pilih tetapi seberapa kuat effort-mu dalam mewujudkan impianmu hingga cela berubah menjadi puja dan riuhnya tepuk tangan. Kamu bisa jadi tidak berhasil untuk menjadi sukses menurut jalan yang banyak dipilih orang, tetapi kamu memiliki tempat untuk sukses versi kamu sendiri lewat passion yang selama ini menjadi impianmu. Jangan menyerah, tetaplah berjuang dan gapai impianmu!

No more articles