Selain Bali yang dikenal oleh dunia sebagai pulau yang cukup eksotis dan kaya akan budaya, ada pulau lain di Indonesia yang tak kalah menariknya, yaitu Pulau Lombok. Mungkin kamu harus menyempatkan diri untuk menengok wilayah Indonesia yang juga menyuguhkan keindahan yang tak kalah menarik dari Pulau Bali yang sudah sering menjadi destinasi wisata bagi para turis baik turis domestik maupun turis internasional. Letaknya pun tak jauh dari Pulau Bali. Pulau Lombok menjadi alternatif yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata selama berlibur untuk melepas penat sekaligus mengenal budaya bumi pertiwi. Ketika kamu berkunjung ke Pulau Lombok, pastikan 10 tempat berikut ada dalam daftar tempat wisata di Lombok yang haruskamu kunjungi.

wisata di pulau lombok

Wisata Lombok – Sumber: http://nginepmana.com/

Gunung Rinjani

Inilah salah satu ikon wisata terkenal yang terletak di Pulau Lombok. Dengan ketinggian yang mencapai lebih dari 3.700 meter, gunung ini terkenal sebagai gunung berapi yang tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani merupakan gunung yang memiliki nilai spiritual tersendiri bagi umat Hindu karena dianggap sebagai tempat tinggal para dewa. Wisata favorit yang ada di wilayah ini jelas pendakian. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mendaki Gunung Rinjani saat berkunjung ke Pulau Lombok. Kamu bisa mendapatkan pemandangan indah di Asia saat mendaki. Untuk dapat mencapai puncak gunung ini diperlukan waktu yang tidak singkat bahkan memakan waktu dalam hitungan hari. Tetapi, perjalananmu akan terbayarkan setelah sampai di puncak!

Pura Batu Bolong

Pura ini terletak di daerah Senggigi yang berada di atas sebuah batu karang hitam yang menjorok ke laut. Terdapat lubang di bagian tengah batu karang ini, sehingga wilayah ini terkenal dengan sebutan Pura Batu Bolong. Untuk bisa memasuki wilayah ini kamu diwajibkan menggunakan kain berwarna kuning di pinggang. Ketika memasuki wilayah ini, maka kamu akan disuguhkan pemandangan Gunung Agung dan Selat Lombok yang begitu indah terutama pada saat matahari tenggelam sebagai saat terbaik untuk mengabadikan momen.

Baca Juga: Surga Indonesia di Ujung Jawa, Pulau Peucang Namanya

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi juga merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Lombok. Pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Suasananya mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun disempurnakan lagi dengan ombak yang lebih tenang. Sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin berenang maupun snorkeling.

Taman Narmada

Letaknya berada di Desa Lembuak, yaitu di timur kota Mataram dengan jarak sekitar 10 km. Taman Narmada memiliki luas wilayah mencapai 2 hektar. Dulunya berfungsi sebagai tempat istirahat dan tempat upacara. Kini taman ini beralih fungsi menjadi tempat wisata dan merupakan replika mini dari Gunung Rinjani.

Air Terjun Sendang Gile

Beranjak ke wilayah destinasi wisata di Lombok lainnya yaitu Air Terjung Sendang Gile yang terletak sekitar 60 km dari Kota Mataram, tepatnya terletak di kawasan Desa Senaru. Objek wisata ini merupakan pintu awal untuk pendakian Gunung Rinjani. Dengan sumber air yang sama di Taman Narmada, mitos yang beredar di masyarakat setempat adalah air yang ada di air terjun ini juga dipercaya dapat membuat pengunjung awet muda bila digunakan untuk mandi atau membasuh muka.

Danau Segara Anak

Lokasinya berada di kawah Gunung Rinjani. Danau ini diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Bila kamu mengambil paket pendakian Gunung Rinjani, biasanya kamu juga akan dibawa menuju Danau Segara Anak dan bermalam di pinggir danau. Ketika bermalam di sini, biasanya akan ada aktivitas memancing. Namun untuk mencapai tempat ini diperlukan waktu sekitar 9 jam dari titik akhir jalur yang dapat dilalui kendaraan bermotor.

Gili Trawangan

Inilah pulau terbesar di kelompok Pulau Tiga Gili. Wilayah ini merupakan pulau yang paling ramai dikunjungi di antara 3 Pulau Gili lainnya dan mulai terkenal sejak tahun 1980. Untuk berkeliling di wilayah ini, kamu tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor tetapi harus menggunakan sepeda yang disewakan. Kegiatan favorit di sini adalah menyelam, snorkeling, selancar, dan yoga.

Baca Juga: Tips Berlibur Hemat Jika Ingin ke Raja Ampat

Pantai Kuta Lombok

Tidak hanya Pulau Bali saja yang memiliki Pantai Kuta. Namun Pulau Lombok juga memiliki Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok berada di Desa Kuta, jaraknya sekitar 56 km dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki pasir yang halus bahkan sehalus merica. Pantai ini juga dikenal masih jarang dijamah oleh manusia. Jika kamu berkunjung ke sini, kegiatan favorit yang bisa dilakukan di sini adalah berselancar karena ombak yang ada di sini terbilang sebagai salah satu ombak terbaik di dunia.

Pantai Sire

Letaknya ada di Lombok Utara, sekitar 35 km dari Kota Mataram. Pantai ini merupakan tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi karena terkenal dengan keindahannya. Kamu akan disuguhkan pemandangan Gunung Rinjani dari pantai ini ketika cuaca cerah. Garis pantainya yang mencapai 4 km cukup puas dan luas bisa digunakan untuk aktivitas wisata air yang beragam seperti berenang, snorkeling, bermain kano, atau pun memancing.

Hutan Monyet Pusuk

Bosan dengan destinasi pantai yang terlalu banyak? Jangan khawatir, karena selain pantai-pantainya yang cukup diunggulkan, ada juga destinasi wisata lainnya yang cukup terkenal dan menjadi pilihan turis saat berkunjung ke Lombok. Hutan Monyet Pusuk merupakan bagian yang termasuk dalam kawasan Gunung Rinjani. Di hutan ini terdapat ratusan monyet yang menempati, sehingga untuk mengunjungi daerah ini sebaiknya berhati-hati bila menggunakan kendaraan karena tak jarang monyet-monyet ini bermain di tengah jalan. Objek satu ini juga sering menjadi destinasti wisata dan tempat peristirahatan bagi turis yang sedang menuju Air Terjun Sendang Gile.

Baca Juga: Tempat-tempat yang Wajib Dikunjungi Saat ke Makassar

Destinasi yang cukup menyenangkan bukan? Jangan sampai lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di atas saat mengunjungi Pulau Lombok, ya!

No more articles