Akhirnya…

Terlewati juga masa-masa tegang mempersiapkan dan menjalani Ujian Nasional. Sudah cukup banyak perjuangan yang dilakukan demi lulus dari pendidikan SMA atau SMK dan sederajat. Setelah beberapa minggu harus rela menahan keinginan bersenang-senang demi fokus UN, akhirnya masa-masa ujian itu selesai sudah. Tak jarang siswa-siswi merayakannya dengan berbagai cara yang unik, seperti berdoa di tempat ibadah, membagikan nasi bungkus kepada kaum dhuafa, bersepeda mengelilingi kota, hingga masih ada yang menggunakan cara lama: konvoi dengan sepeda motor atau mobil. Ssst… cara terakhir sebaiknya hati-hati, ya.

Tentu saja perlu disadari bahwa setelah UN selesai bukan berarti tidak ada hal lain lagi yang harus dipersiapkan. Bagi kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi, kamu harus mulai bersiap-siap lagi untuk bersaing dengan ribuan siswa-siswi di seluruh Indonesia untuk mendapatkan kursi dan kuliah di jurusan yang kamu inginkan. Kalau kamu masih bingung akan mengaplikasikan formulir pendaftaran kuliah di mana, mungkin daftar jurusan dan universitas terfavorit program Ilmu Pengetahuan Alam di bawah ini bisa menjadi referensi. Data ini diambil berdasarkan jumlah pendaftar SNMPTN 2015.

#1 Teknik Informatika, Universitas Brawijaya

Mungkin kamu cukup kaget ketika mengetahui peminat jurusan Teknik Informatika di Universitas Brawijaya yang mencapai 6.774 pendaftar dari seluruh Indonesia. Jangan salah, meski menurut Akreditasi BAN PT tahun 2013 masih di bawah ITB dan ITS, kenyataannya program studi ini berhasil menarik minat para calon lulusan SMA untuk melanjutkan studi di sini. Universitas Brawijaya merupakan kampus yang menempati peringkat dunia 701+ sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia yang diakui dunia menurut QS World University Rangkings 2015/2016. QS World University Rangking sendiri dikenal sebagai institusi yang dinilai objektif untuk melakukan pemeringkatan dan telah menilai kualitas kampus dunia sejak tahun 2004. Metodologi penilaian yang digunakan antara lain jumlah mahasiswa (size), jumlah jurusan (focus), jumlah riset dan publikasi terindeks (research), serta umur universitas (age). Jadi, masih ragu dengan kualitasnya?

#2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara

10 Jurusan Kuliah Program IPA Terfavorit
Universitas Sumatera Utara – Sumber: kompasiana.com

Jumlah peminat jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Sumatera Utara mencapai 5.925 orang yang terdaftar sebagai peserta SNMPTN tahun 2015. Bisa jadi kamu tidak terlalu mengenal kampus satu ini karena selama ini hanya terpukau pada kilau prestasi beberapa kampus yang dikenal selalu menduduki posisi terbaik sebagai kampus favorit di Indonesia. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat di USU pun dikenal telah terakreditasi B oleh BAN PT tahun 2015. Buat kamu yang ingin kuliah di jurusan ini dan tinggal di Pulau Sumatera, tak perlu jauh-jauh untuk mencari kampus terbaik di bidang ini, karena USU telah menyediakan kualitas pendidikan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang baik dan menjadi pilihan bagi lebih dari 5.000 pendaftar calon lulusan SMA.

#3 Farmasi, Universitas Gadjah Mada

10 Jurusan Kuliah Program IPA Terfavorit
Universitas Gadjah Mada – Sumbe: xkuliah.com

Mungkin banyak yang mengira kalau jurusan kuliah favorit program IPA di UGM akan diduduki oleh Program Pendidikan Dokter. Kenyataannya, pada data pendaftar SNMPTN 2015, jurusan Farmasi UGM mendapatkan pendaftar paling banyak di antara jurusan program IPA lainnya. Sebanyak 5.164 siswa kelas 12 SMA dari seluruh Indonesia saat itu terdaftar sebagai calon mahasiswa dan mahasiswi jurusan Farmasi UGM. Tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitas program studi dan universitas karena jurusan Farmasi UGM telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN PT pada tahun 2014.

#4 Farmasi, Universitas Padjadjaran

Masih dipegang oleh jurusan Farmasi, tujuan kuliah selanjutnya yang menjadi pilihan favorit pendaftar SNMPTN 2015 adalah jurusan Farmasi Universitas Padjadjaran (UNPAD). Jumlah pendaftar di jurusan ini bahkan mencapai 4.993 orang! Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, kamu tidak perlu meragukan kualitasnya sebab program studi ini mendapatkan akreditasi A dari BAN PT tahun 2012. Selain itu, UNPAD juga diketahui menduduki peringkat 9 sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia menurut Webometrics edisi Juli 2015.

#5 Farmasi, Universitas Hasanuddin

10 Jurusan Kuliah Program IPA Terfavorit
Universitas Hasanuddin – Sumber: infokampus.net

Lagi-lagi, Farmasi menjadi jurusan favorit para calon mahasiswa dan mahasiwi dari seluruh Indonesia pada SNMPTN 2015. Kali ini, Universitas Hasanudin menduduki posisi nomor 5 sebagai kampus yang memegang salah satu jurusan kuliah program Ilmu Pengetahuan Alam terfavorit sebab jumlah pendaftar SNMPTN 2015 program studi Farmasi di kampus ini mencapai angka 4.605 orang. Prodi ini bahkan mendapatkan akreditasi A dari BAN PT pada tahun 2011. Meskipun tidak berlokasi di Pulau Jawa yang dikenal sebagai pulau paling padat (dari sisi pekerjaan, pendidikan, dan lain-lain), UNHAS berhasil membuktikan bahwa kualitas kampus dan SDM mereka sanggup bersaing dengan universitas terbaik lainnya.

#6 Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro

Selain program studi Kesehatan Masyarakat USU yang menjadi pilihan favorit, prodi Kesehatan Masyarakat di Universitas Diponegoro juga menjadi pilihan favorit para calon mahasiswa dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 4.500 orang. Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro sendiri diketahui telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN PT pada tahun 2013. Secara keseluruhan, UNDIP menduduki posisi 1448 di peringkat universitas terbaik dunia menurut Webometrics dan 701+ menurut QS World University Ranking.

#7 Ilmu Keperawatan, Universitas Padjajaran

Gedung Rektorat Unpad Jatinangor - Sumber: youtube.com
Gedung Rektorat Unpad Jatinangor – Sumber: youtube.com

Selain prodi Farmasi yang menjadi pilihan favorit para pendaftar di UNPAD menurut data SNMPTN 2015, prodi Ilmu Keperawatan juga menjadi prodi favorit yang mendapatkan pendaftar terbanyak kedua di kampus ini dengan jumlah pendaftar mencapai  4.481 orang. Ilmu Keperawatan UNPAD sendiri dikenal sebagai yang terbaik dengan akreditasi A menurut BAN PT pada tahun 2014, mengalahkan prodi yang sama dari UI dan UGM. Secara keseluruhan, UNPAD menduduki posisi 1719 sebagai universitas terbaik di dunia menurut Webometrics.

#8 Farmasi, Universitas Sumatera Utara

Tahun ini, prodi Farmasi menjadi prodi favorit yang terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar di berbagai universitas. Jumlah pendaftar prodi Farmasi di USU mencapai 4.430 orang. Seperti yang sudah disebutkan, USU merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dan letaknya berada di Pulau Sumatera. Tentu saja hal ini akan berpengaruh baik bagi persebaran mahasiswa supaya tidak terfokus di Pulau Jawa saja.

#9 Ilmu Komputer, Universitas Sumatera Utara

Jurusan terfavorit selanjutnya dan masih diduduki oleh USU adalah prodi Ilmu Komputer. Kemajuan zaman membuat minat para siswa untuk melanjutkan studi mengenai komputer semakin tinggi dan hal ini dibuktikan oleh tingginya peminat prodi Ilmu Komputer. Menurut data SNMPTN 2015, jumlah pendaftar prodi Ilmu Komputer di USU mencapai 4.360 orang.

#10 Teknik Informatika, Universitas Padjadjaran

Prodi Teknik Informatika di Universitas Padjadjaran menempat posisi 10 dalam daftar prodi favorit menurut data pendaftar SNMPTN 2015 yang jumlahnya mencapai 4.343 orang. Prodi ini mendapatkan penilaian akreditasi oleh BAN PT dengan nilai B pada tahun 2014. Dengan begitu, kamu sudah tidak perlu meragukan kualitas pendidikan di kampus ini, terutama untuk prodi Teknik Infomartika.

Itulah 10 jurusan kuliah terfavorit untuk program Ilmu Pengetahuan Alam bedasarkan data pendaftar SNMPTN 2015. Dengan daftar ini, setidaknya kamu mengerti bukan mengenai perkiraan jumlah pesaing yang harus kamu hadapi ketika memperebutkan bangku kuliah impianmu? Tidak perlu panik dan takut, yang penting berusaha semaksimal mungkin dari sisi materi, jangan lupa berdoa, dan yakinkan dirimu bahwa kamu tidak kalah hebatnya dengan para pesaingmu sehingga kamu juga memiliki alasan yang sama untuk mendapatkan tempat di jurusan dan universitas impianmu. Dan yang terpenting, jangan menyerah sebelum berjuang, ya!

Semangat, Pejuang SNMPTN 2016!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here