Kelahiran ilmuwan juga melahirkan berbagai pengetahuan dan kemajuan teknologi yang hingga kini bisa kita rasakan manfaatnya. Dengan berbagai usaha dan kemampuan mereka, kehidupan kita saat ini bisa menjadi lebih mudah dan mendukung gaya hidup modern. Kita bisa merasakan terangnya lampu untuk menyinari jalanan dan rumah kita, terhubung dengan sanak saudara  yang tinggal di pulau bahkan negara berbeda melalui telepon, mengadakan rapat virtual dengan teknologi internet, bahkan mengetahui suatu kejadian dan pemberitaan secara realtime dengan penggunaan berbagai alat hasil kemajuan teknologi yang saling berpadu untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan yang lebih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya ilmuwan yang berjasa membuat kehidupan kita sekarang menjadi lebih baik dibandingkan kehidupan pada masa mereka hidup dulu, ada 10 ilmuwan yang dinyatakan memiliki pengaruh besar sepanjang sejarah kehidupan manusia. Mau tahu siapa saja? Yuk kita lebih tahu dan kenal dengan 10 orang hebat ini!

Marie Curie (1867-1934)

10 Ilmuwan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Marie Curie – Sumber: thinglink.com

Pemilik nama lengkap Marie Sklodowska-Curie ini merupakan wanita pertama yang berhasil meraih penghargaan Nobel hingga dua sekaligus dalam bidang yang berbeda yaitu bidang Kimia dan bidang Fisika. Fisikawan asal Perancis ini juga dikenal sebagai profesor wanita pertama di Universitas Paris (La Sorbonne). Beberapa prestasinya antara lain pembentukan teori radioaktif dan penemuan elemen kimia yang diberi nama Polonium dan Radium pada tahun 1989.

Alan Turing (1912-1954)

10 Ilmuwan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Alan Turing – Via biography.com

Ilmuwan berpengaruh selanjutnya adalah Alan Mathison Turing atau yang lebih dikenal dengan nama Alan Turing. Ia adalah ahli matematika, logika, ilmuwan komputer, serta cryptanalyst – praktisi pemecahan ciphertext tanpa bantuan kunci. Ia adalah sosok yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu komputer, bahkan dikenal sebagai bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan. Sayangnya, di umurnya yang hampir mencapai 42 tahun kala itu, Turing ditemukan meninggal akibat bunuh diri dengan menelan sianida.

Niels Bohr (1885-1962)

Niels Henrik David Bohr merupakan fisikawan yang berasal dari Denmark dan dikenal sebagai kontributor terbesar dalam memahami struktur atom dan mekanika kuantum. Tentu saja hasil temuannya tersebut mengalamatkan penghargaan Nobel padanya untuk bidang Fisika pada tahun 1922. Teori dalam bidang Fisika tersebut menyematkan namanya sebagai penghargaan atas hasil kerja kerasnya dalam menemukan teori mengenai atom, yaitu Teori Bohr, yang menyatakan bahwa atom merupakan miniatur planet yang mengitari matahari dengan elektron yang mengelilingi orbit pada sekitar bagian pokok. Ia berhasil membuktikan bahwa elektron tersebut hanya berputar dalam orbitnya dan memiliki ukuran tertentu.

Max Planck (1858-1947)

10 Ilmuwan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Max Planck – Via technologycorp.com

Fisikawan teoritis dari Jerman yang memiliki nama lengkap Max Karl Ernst Ludwig Planck ini berhasil mendapatkan penghargaan Nobel di bidang Fisika pada tahun 1918. Ia berjasa atas kontribusinya dalam teori fisik namun popularitasnya malah didongkrak dengan dikenalnya Planck sebagai pencetus teori kuantum yang muncul sebagai hasil kerja sama dengan ilmuwan Albert Einsten serta Neils Bohr.

Charles Darwin (1809-1882)

10 Ilmuwan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Charles Darwin – Via biography.com

Ialah seorang naturalis dan ahli geologi dari Inggris yang sangat dikenal karena kontribusinya dalam melahirkan teori evolusi. Ia beranggapan bahwa semua spesies berasal dari nenek moyang yang sama. Ia bahkan tercatat menerbitkan teori evolusi yang bukti kuat di tahun 1859 dengan judul On the Origin of Species yang mengatasi masalah penolakan ilmiah dari konsep awal transmutasi spesies. Charles Darwin dianggap sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang sejarah kehidupan manusia dan bahkan pemakamannya dilakukan di Westminster Abbey sebagai bentuk penghormatan terhadap keunggulan sebagai seorang ilmuwan.

Leonardo da Vinci (1452-1519)

Pelukis Monalisa ini dikenal sebagai seorang pelukis Renaisans, arsitek, musisi, penulis, hingga pematung asal Italia. Selain lukisan Monalisa, ia juga dikenal atas karya lukisan Perjamuan Terakhir. Meski hidup di era yang belum semodern sekarang ini, namun imajinasi Vinci ternyata melampaui apa yang banyak orang pikirkan dan desain yang dibuatnya bahkan banyak yang mengantisipasi teknologi modern saat ini seperti tank dan mobil. Vinci juga dikenal memajukan ilmu anatomi, astronomi, teknik sipil, dan juga kuliner.

Galileo Galilei (1564-1642)

Ialah fisikawan, matematikawan, filsuf, dan juga astronom yang memposisikan dirinya untuk memainkan peran utama dalam revolusi ilmiah. Ilmuwan asal Italia ini kerap dijuluki sebagai Bapak Astronomi Modern, Bapak Fisikawan Modern, Bapak Ilmu Pengetahuan, hingga Bapak Ilmu Modern. Beberapa hukum yang mungkin tak asing di telingamu dan merupakan hukum yang ditemukan oleh Galileo Galilei adalah hukum bandul, hukum gerak, dan hukum benda jatuh. Berbagai penemuan lain yang turut melambungkan namanya adalah thermometer, teleskop, dan teori gerak parabola.

Nikolas Tesla (1856-1943)

Penemu, insinyur listrik dan mekanik, serta fisikawan satu ini terkenal akan kontribusinya dalam desain modern sistem pasokan listrik. Ia kerap dijuluki sebagai Ilmuwan Gila karena mampu menyaingi banyak penemu dan ilmuwan lain dalam sejarah populer namun memiliki kepribadian eksentrik dan diketahui memiliki klaim aneh tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menjadikan Tesla mendapat perlakuan diasingkan dan justru dunia lebih mengetahui Thomas Alfa Edison dibandingkan dirinya sendiri.

Albert Einstein (1879-1955)

10 Ilmuwan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Albert Einstein – Via englishbookgeorgia.com

Fisikawan asal Jerman ini paling dikenal atas rumus E = m.c2, sebuah rumus yang menjelaskan ekivalensi massa-energi. Einstein juga dikenal sebagai ilmuwan terbesar abad 20 yang berhasil mengembangkan teori relativitas umum. Penghargaan Nobel berhasil diraihnya untuk bidang fisika di tahun 1921 mengenai penjelasan efek fotolistrik serta pengabdiannya untuk Fisika Teoretis.

Sir Isaac Newton (1643-1727)

Matematikawan, fisikawan, filsuf alam, astronom, teolog, serta alkemis asal Inggris satu ini dikenal sebagai salah satu ilmuwan yang mengikuti aliran heliosentris dan memiliki pengaruh sepanjang sejarah kehidupan manusia. Ia melahirkan beberapa teori dan prinsip dalam beberapa bidang, misalkan dalam bidang mekanika ia berhasil mencetuskan prinsip kekekalan momentum dan momentum sudut. Sementara pada bidang optika ia membangun teleskop refleksi dan mengembangkan teori warna.

Itu dia 10 ilmuwan paling berpengaruh yang turut memajukan kehidupan kita saat ini. Meskipun kita sudah menikmati kehidupan yang jauh lebih baik dan layak dibandingkan kehidupan para ilmuwan itu sendiri, bukan berarti kita sudah selesai dalam melakukan pencarian dan penelitian untuk menjadikan hidup kita lebih baik lagi. Apa kamu cukup terinspirasi untuk menjadi salah satu ilmuwan yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat modern di masa depan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here