Zaman yang semakin maju dan berkembang menuntut kita untuk selalu menjadi manusia yang kreatif dan tangguh agar bisa bertahan serta mampu bersaing. Bahkan tuntutan itu tak sekadar tuntutan materi saja, tetapi juga kesiapan fisik dan mental dari kita sebagai pribadi yang harus bekerja keras. Semakin maju zaman, maka kita juga harus menjadi pribadi yang lebih memiliki imajinasi untuk ‘menciptakan’ kehidupan kita sendiri.

Menjadi entrepreneur kini banyak diminati oleh kaum muda sebagai alternatif sumber penghasilan di tengah zaman yang serba menuntut kesempurnaan. Spesifikasi yang diperlukan untuk menjadi karyawan semakin tinggi dan kompleks sehingga memperketat persaingan. Di saat bersamaan, lapangan pekerjaan terasa semakin sedikit dengan jumlah penduduk yang semakin banyak. Munculnya para pengusaha muda atau entrepreneur ini seolah menjadi jawaban yang dinantikan sebagai alternatif pekerjaan. Lagipula, Indonesia membutuhkan lapangan kerja yang harus diciptakan oleh beberapa orang yang nantinya bisa merekrut masyarakat sebagai pegawainya.

Untuk menyemangati dan menginspirasi kaum muda dalam menjadi entrepreneur, berikut ini merupakan 10 film tentang entrepreneur yang wajib ditonton agar kamu semakin terinspirasi bagaimana suka-duka serta semangat yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur di Indonesia saat ini.

Glengarry Glen Ross

Film karya David Mamet ini sukses menggambarkan bagaimana kejamnya bekerja dalam industri real estate atau perumahan elit yang terletak di Chicago. Film ini bahkan lebih cenderung mengajakmu untuk mengetahui dan memahami bahwa kebohongan dan pengkhianatan diperlukan dalam dunia bisnis. Mengapa layak ditonton meski mengisahkan hal yang negatif? Karena film ini berhasil menggambarkan hampir sama persis dengan keadaan dunia bisnis indutri real estate sesungguhnya.

The Social Network

Siapa yang tidak tahu film yang satu ini? Inilah potret kehidupan Mark Zuckerberg dalam perjalanan dan perjuangannya menciptakan salah satu media sosial terbesar di dunia, Facebook. Film ini menceritakan kisah hidup Mark sebagai mahasiswa Harvard yang menciptakan media sosial yang tidak pernah ia bayangkan akan menjadi se-booming ini bahkan hingga lingkup dunia dan menjadikannya salah satu orang muda terkaya di dunia. Dalam film ini penonton akan diberikan pemahaman lewat gambaran bagaimana agar start-up bisa berhasil dengan menunjukkan kualitas yang dimiliki, misalnya ketangguhan dan sifat fleksibel.

Baca Juga: 5 Aktor Indonesia dengan Totalitas Perannya

Pirates of Silicon Valley

Film ini mengisahkan bagaimana dua pengusaha besar di dunia IT, yaitu Bill Gates dan Steve Jobs, saat bertarung membangun kapal perang mereka masing-masing. Terbukti bisnis dan temuan mereka kini sangat dihargai dunia. Hingga sampai Steve Jobs meninggal dunia pun produknya masih sangat diminati masyarakat dunia. Sementara produk bisnis Bill Gates seolah tak pernah mati dibutuhkan oleh semua penduduk dunia.

Citizen Kane

Film yang satu ini menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh yang tidak nyata bernama Charles Foster Kane. Charles dikenal sebagai taipan koran. Kane akhirnya memahami apa yang sesungguhnya menjadi hal terpenting dalam hidupnya. Kelayakan film ini untuk ditonton adalah karena film ini mengajarkan meski meluncurkan bisnis yang sukses merupakan impian setiap pengusaha, namun hal tersebut bukanlah satu-satunya tujuan hidup.

The Pursuit of Happiness

Inilah salah satu film tentang entrepreneur yang kerap kali ditayangkan di layar kaca. Will Smith sebagai pemeran utama film ini sukses memerankan seorang pria yang digambarkan sebagai pribadi yang tangguh dan selalu berusaha untuk mencapai keberhasilan lewat keyakinan dan usahanya – sama seperti yang dibutuhkan dalam jiwa setiap entrepreneur sekarang ini.

Rocky

Setidaknya setiap orang harus pernah menonton film ini satu kali semasa hidupnya untuk diberikan pemahaman lewat aksi tokoh Rocky Balboa yang merupakan seorang petinju kelas dunia. Ia memberikan pesan bahwa kamu bukan orang yang ditakdirkan untuk berhasil, namun kamu harus tetap berjuang karena jiwa kompetitif itulah yang akan membawamu melangkah lebih maju.

Moneyball

Apa yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha untuk membuat produknya laku di pasaran? Menjadi sesuatu yang lebih baik – salah satunya. Inilah yang menjadi inti kisah film Moneyball yang menunjukkan bahwa tidak semua bisa dibeli dengan uang. Terkadang alat pembayarannya adalah apa yang dikreasikan dalam pikiranmu sebagai tanggapan kebutuhan di sekitar.

Baca Juga: Lakukan Hal-hal Berikut Selama Usia Remaja untuk Menikmati Hidupmu

The Godfather

The Godfather merupakan sebuah film layar lebar yang diangkat dari sebuah novel berjudul sama. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga pebisnis kecil yang berkembang menjadi organisasi kriminal terbesar di New York. Film ini mengajarkan kepada penonton agar melihat sudut pandang terhadap apa yang membuat mereka bisa menjadi keluarga pebisnis yang paling berpengaruh besar di seluruh negara.

Jerry Maguire

Inilah film yang paling bisa dikatakan cukup menggambarkan apa yang pasti akan terjadi pada setiap entrepreneur saat terjun di dalamnya. Film ini memberikan pesan bahwa sebagai entrepreneur, kamu harus bisa menangani segala masalah secara bijak dan profesional. Meski kamu memiliki semuanya, namun segala hal tetap memiliki risiko yang harus dihadapi.

Office Space

Film dengan genre komedi ini fokus pada tokoh Peter Gibbons yang menyadari bahwa dirinya sangat membenci kehidupannya yang seolah harus taat pada semua aturan dan perintah dari orang yang (katanya) memiliki posisi lebih tinggi darinya. Peter menyadari bahwa dirinya bukan budak yang bisa diperintah seenaknya. Film ini mengisahkan tentang jiwa seorang entrepreneur yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis.

Ulasan singkat ini tidak hanya membujukmu untuk melihat isi film saja, tetapi juga mengilhami dan berharap bahwa film ini dapat menginspirasi kamu dalam menjadi seorang entrepreneur sejati, seperti yang dibutuhkan Indonesia saat ini. Siapkan satu kursi enterpreneur untuk dirimu demi Indonesia yang maju, dari sekarang!

No more articles